Strategi dan perencanaan adalah dua hal yang berbeda. Istilah "perencanaan strategis" telah digunakan untuk menggabungkannya, tetapi tidak membantu dalam menciptakan strategi yang efektif. 

Kebanyakan bisnis terlibat dalam kegiatan perencanaan, mencantumkan serangkaian aktivitas yang ingin mereka lakukan seperti meningkatkan pengalaman pelanggan, memulai program pengembangan bakat baru, atau membuka pabrik baru, tetapi aktivitas ini sendiri tidak akan mengarah pada kesuksesan jika tidak ada strategi yang koheren. 

Strategi adalah serangkaian pilihan integratif yang menempatkan sebuah perusahaan di lapangan yang mereka pilih dengan cara yang membuat mereka menang. 

Ini melibatkan teori mengapa mereka harus berada di lapangan tersebut dan bagaimana mereka akan lebih baik daripada yang lain dalam melayani pelanggan di lapangan itu. 

Strategi perlu koheren, dapat dilakukan, dan diterjemahkan menjadi tindakan. Sementara itu, perencanaan adalah tentang sumber daya dan aktivitas yang dikendalikan oleh sebuah perusahaan seperti membangun pabrik baru atau merekrut lebih banyak orang. 

Perencanaan nyaman karena ini adalah sesuatu yang dapat dikendalikan oleh bisnis, sedangkan strategi bukanlah sesuatu yang dapat mereka kendalikan karena melibatkan keputusan pelanggan untuk membeli produk atau layanan mereka. 

Ini membuat strategi lebih menantang daripada perencanaan. Saat merencanakan, pesaing sedang mencari cara untuk menang, jadi memiliki strategi diperlukan untuk tetap unggul dari persaingan. 

Contohnya adalah Southwest Airlines, yang memiliki strategi untuk menang yang melibatkan memiliki biaya lebih rendah dari maskapai besar dengan terbang langsung, menggunakan hanya satu jenis pesawat, dan tidak menawarkan makanan di pesawat. 

Strategi ini memungkinkan mereka menawarkan harga yang lebih rendah dan akhirnya menjadi maskapai penerbangan yang terbang paling berhasil di Amerika. 

Sebaliknya, maskapai besar tidak berusaha untuk saling mengalahkan dan hanya berpartisipasi, yang membuat mereka rentan terhadap pesaing dengan strategi yang jelas.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama